Posted: Januari 6, 2011 in Uncategorized

NAMA                        : SENNA CANDRA IRAWAN

KELAS/NIM   : D/09220308

TUGAS INDIVIDU UAS

1) Produk Teknologi Komunikasi

 

Apple iPad

iPad adalah sebuah produk komputer tablet buatan Apple Inc. (AI). iPad memiliki bentuk tampilan yang hampir serupa dengan iPod Touch dan iPhone, hanya saja ukurannya lebih besar dibandingkan kedua produk tersebut dan memiliki fungsi-fungsi tambahan seperti yang ada pada sistem operasi Mac OS X.

iPad diperkenalkan pertama kali oleh Steve Jobs, CEO (yang merupakan singkatan dari Chief Executive Officer) dari Apple Inc. dalam Apple Special Event yang bertempat di Yerba Buena Center for the Arts, San Fransisco, Amerika Serikat, pada tanggal 27 Januari 2010. Produk ini dirancang sebagai sebuah perangkat digital yang berada di antara telepon pintar (smartphone) dan komputer jinjing (laptop). Apple Inc. berencana akan mulai memasarkan iPad di Amerika Serikat (AS) mulai 3 april 2010, dengan kisaran harga mulai dari 499 Dolar Amerika Serikat (USD) hingga 829 USD. Namun warga AS sudah dapat memesan produk ini mulai tanggal 12 Maret 2010 melalui Apple Online Store.

Safari (penjelajah web)

Safari

Safari 2.0.4 (RSS) pada Mac OS X v10.4 sedang menampilkan Halaman Utama Wikipedia
Pengembang Apple Inc.
Versi rilis terbaru 4.0.1 / Mac OS X v10.6 (17 Juni 2009) / Mac OS X v10.6 (28 Agustus 2009)
Sistem operasi Mac OS X, Microsoft Windows, iPhone OS
Jenis Penjelajah web
Lisensi EULA Proprietary, LGPL
Situs web www.apple.com/safari/

Safari adalah sebuah penjelajah web buatan Apple Inc. yang awalnya ditujukan khusus bagi sistem operasi Mac OS. Safari dipasang bersama Mac OS X dan merupakan penjelajah web bawaan (default) di sistem operasi tersebut sejak Mac OS X v10.3. Sebelumnya dari tahun 1997 hingga 2003, Mac OS X menggunakan Internet Explorer for Mac sebagai penjelajah web bawaan. Pada 11 Juni 2007, versi pratayang untuk Windows baik yang cocok untuk Windows XP dan Windows Vista dari Safari diperkenalkan pada Muktamar Pengembang Sedunia Apple di San Francisco.

Safari memberikan fitur yang hampir umum yang dimiliki oleh penjelajah web lainnya seperti

  • Penjelajahan melalui tab
  • Pengaturan bookmark
  • Boks pencarian web yang dapat diatur ukurannya pada toolbar baik yang menggunakan Google pada Mac atau Google atau Yahoo pada Windows
  • Penghalang Pop-up ad
  • Pencari history dan bookmark
  • Pencari teks
  • Pemeriksa ejaan
  • Kotak teks yang dapat diperluas
  • Pengisian otomatis pada bentuk web
  • Dilengkapi dengan DOM yang bertindak sebagai inspektur yang memungkinkan pengguna dan pengembang menjelajahi Document Object Model dari suatu halaman web.
  • Dapat menggunakan CSS 3 web font
  • Dapat menggunakan animasi CSS
  • Dapat menggunakan protokol ptoteksi keamanan layar (versi yang tidak diketahui)
  • Bookmark yang telah terintegrasi dengan buku alamat
  • Warna ICC yang mendukung tampilan profil
  • Memungkinkan untuk melihat versi PDF
  • Terintergrasi dengan pengaturan foto iPhoto
  • Penggabungan mail
  • Kemampuan untuk menyimpan halaman web yang telah disimpan pada Apple Dashboard
  • Menjelajah web secara pribadi

Diawali dengan Safari 4, kini alamat bar telah benar-benar diperbaharui

  • Tombol untuk menambah bookmark telah disatukan pada alamat bar
  • Tombol reload dan berhenti sekarang telah diposisikan pada sebelah kanan dari alamat bar
  • Lambang biru sebagai tanda progres telah digantikan dengan bezel yang berputar dan indikator loading disatukan pada bezel tersebut.

Modifikasi tersebut membuat Safari terlihat seperti Safari yang terdapat pada iPhone.

Sebagai tambahan, Safari 4 juga memiliki beberapa fitur baru diantaranya :

  • Situs teras yang menampilkan 24 thumbnails dari halaman yang paling sering digunakan oleh pengguna
  • Penjelajahan Cover Flow untuk History dan Bookmark
  • Mesin Nitro JavaScript yang menjalankan JavaScript dengan delapan kali kecepatan yang melebihi internet Explorer dan empat kali lebih cepat dibandingkan Firefox 3
  • Tampilan biasa pada Windows (Aero pada Windows Vista, Luna pada Windows XP) dengan font standar pada Windows
  • Dapat menggunakan sentuhan efek pada gambar dengan CSS
  • Dapat menggunakan kanvas CSS
  • Pemuatan yang spekulatif, dimana Safari memuat dokumen, skrip dan informasi yang dibutuhkan untuk menampilkan suatu halaman web pada waktu tertentu
  • Tools yang berkembang termasuk Web Inspector, peninjauan elemen CSS, JavaScript debugger dan pembuat profil, tabel offline dan pengaturan database dengan sokongan SQL serta sumber grafik

Safari untuk Windows

Dalam Muktamar Pengembang Sedunia pada tahun 2007, Job mengumumkan bahwa Safari 3 diperuntukkan bagi Microsoft Windows XP dan Windows Vista. Di pengumuman tersebut ia menyatakan bahwa Safari merupakan penjelajah web tercepat. Pengukuran eksternal dari HTTP membuktikan bahwa Safari merupakan penjelajah web tercepat dalam memuat data dari internet sedangkan untuk memuat dari caches Safari seri dengan Internet explorer 7 dan Firefox.

Safari yang versi beta untuk Windows memiliki beberapa kelemahan sampai kepada rilisnya versi beta yang baru pada 11 Juni 2007 yaitu versi 3.0.1 untuk Windows . Pada 22 Juni 2007, Apple merilis Safari 3.0.2 untuk mengatasi kelemahan tersebut, masalah penampilan dan masalah keamanan lainnya. Safari 3.0.2 untuk Windows dapat mengatasi beberapa font yang hilang dari penjelajah akan tetpai terinstall pada computer Windows seperti Tahoma, Trebuchet MS, dan lain-lain. Ada juga perangkat lunak untuk menjalankan Safari dibawah Linux. Rilis terakhir dilakukan pada 18 Maret 2008 dengan menawarkan pengunduhan gratis versi Windows 3.1 (525.13).

Pada Juni 2008, Apple merilis versi 3.1.2, mengalamatkan kelemahan keamanan dalam versi Windows dimana dengan mengunjungi situs yang licik dapat memaksa komputer untuk mengunduh arsip yang dapat diunduh dan menghilangkan sisanya dari desktop pengguna.

Kritik

Distribusi melalui Apple Software Update

Apple Software Update, yang diikat oleh QuickTime dan iTunes dalam Windows gagal untuk melakukan penginstalan Safari bahkan disaat mesin pengguna dapat mendeteksinya. John Lilli, CEO dari Mozilla menyatakan bahwa gunanya Apple untuk memperbaharui perangkat lunaknya adalah untuk mempromosikan produk lainnya yang merupakan ‘praktek yang buruk dan harus dihentikan’. Ia mempertentangkan bahwa praktek pemberian batasan dan malware pada distribusi merusak kepercayaan bahwa semua perusahaan perangkat lunak mencoba untuk membangun penggunanya. Apple telah merespon pernyataan Lilly dengan mengatakan bahwa perusahaan ini hanya berusaha untuk memastikan penggunanya memiliki Safari versi yang paling baru. Apple juga merilis versi baru dari Apple Software Update yang menempatkan perangkat lunak terbarunya pada bagiannya sendiri walaupun masih diseleksi untuk penginstalannya sesuai dengan pengaturan yang dipasang. Dalam update yang lain, Apple Software Update juga sudah tidak memilih item untuk diinstal pada bagian perangkat lunak terbaru dengan pengaturannya (sekitar tahun 2008). Pada 22 September 2009, sekai lagi Apple memeriksa agar pengguna melakukan penginstalan Safari 4 pada update iTunes 9.0.1.

Perjanjian surat izin akhir pengguna

Perjanjian surat izin akhir pengguna yang asli untuk Safari pada Windows merupakan kontradiksi terhadap apa yang terjadi selama beberapa bulan terdapat pada bagian dibawah ini :

Surat izin ini mengijinkan anda untuk menginstall dan menggunakan satu bagian dari perangkat lunak Apple pada komputer tunggal yang berlabel Apple pada satu waktu.Komputer pribadi yang menjalankan Windows biasanya tidak berlabel Apple, akan tetapi dengan adanya pengecualian dari komputer Windows yang menggunakan Intel yang berbasis Mac agar hal tersebut tidak mungkin bagi kebanyakan pengguna Windows untuk menggunakan perangkat lunak dan diam dengan adanya perjanjian ijin tersebut. Dalam hitungan jam Apple pun mengganti perjanjian tersebut.

Surat izin ini mengijinkan anda untuk menginstall dan menggunakan satu bagian dari perangkat lunak Apple pada setiap komputer yang anda miliki atau yang dikendalikan oleh anda. Pembaharuan melalui Apple Software Update masih terdapat perjanjian yang lama.

Fitur pengisian otomatis pada iPhone

Pengisian otomatis telah ditambahkan pada Safari untuk iPhone OS 3.0 untuk memudahkan pengguna agar tidak perlu mengisi formulir-formulir secara manual. Kerugian dari fitur ini adalah bahwa hal ini memungkin bagi pencuri untuk mengidentifikasikan semua askes pengguna. Hal ini dikarenakan iPhone tidak dilengkapi dengan sistem penguncian pada kata sandi yang tersimpan dalam memorinya.

Kegagalan Sistem Cache pada Safari

Sistem cache pada Safari gagal untuk menyimpan arsip yang berukuran byte besar dalam tampilan yang tidak terduga. Situs yang memiliki konten individu seperti arsip Adobe Flash SWF atau arsip JPG yang besar tidak akan diperoleh dari chache penjelajah melainkan akan akan diunduh kembali melalui server. Penjelajahan sederhana yang jauh dari halaman tersebut kemudian kembali secara cepat ke halaman yang sama untuk konten berukuran besar agar dapat dimuat kembali.

iPhone dan iPod Touch; produk Apple yang menyertakan Safari dan dioptimalkan bagi alat-alat dengan layar yang kecil

[sunting Spesifikasi

2) Reaksi dari masyarakat terhadap produk ini ketika dipasarkan.

Penjualan iPad resmi secara serentak dilaksanakan di reseller premium Apple di Indonesia pada Sabtu (18/12) lalu.

Animo masyarakat terhadap gadget terbaik tahun ini cukup besar. Terbukti dari banyaknya pengunjung saat peluncuran, baik di Jakarta atau daerah.

Sayangnya Luis tak mau memberi bocoran soal berapa iPad yang telah terjual. Dia hanya mengatakan respon masyarakat cukup positif. ”Belum ada data penjualan selama pembukaan ini,” katanya.

Di salah satu reseller premium lain stok iPad berkoneksi 3G+Wi-Fi sudah habis. ”Tinggal yang Wi-Fi kapasitas 16 GB,” ujar Dede, salah satu petugas.

Dari pernyataan resmi Apple, iPad yang dijual saat ini sudah dilengkapi dengan IOS 4,2. Beberapa fitur baru juga sudah dibenamkan dalam gadget berlayar 10 inci tersebut.

Fitur baru itu antara lain multitasking, yang memungkinkan pengguna melakukan beberapa kegiatan bersamaan, seperti email, mengunduh, atau tugas lainnya.Salah satu fitur andalan dan menjadi daya tarik adalah lokalisasi fitur berbahasa Indonesia. Juga aplikasi dari pengembang lokal.Fitur lainnya adalah Air Print. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mencetak apa pun. Fitur ini baru bisa berjalan dengan printer Hewlett Packard. Fitur berikut adalah Air Play, yang memungkinkan pengguna melihat tayangan Apple TV dengan tambahan perangkat lain.Bagi penyandang tuna netra, iPad dengan IOS 4.2 ini memungkinkan untuk membaca dengan aplikasi di dalamnya. Jika Anda kehilangan iPhone atau iPad, tak perlu khawatir karena ada fitur Find My iPhone. Fitur ini memungkinkan pengguna mengunci iPad atau iPhone dari jauh, atau bisa mengirimkan pesan dan menghapus data. Jika sebelumnya fitur ini termasuk aplikasi berbayar, kini gratis. OS Terbaru juga memungkinkan untuk menggunakan iPhone atau iPod touch sebagai pengendali game di iPad. Fitur baru lainnya, pengguna bisa mengganti wallpaper sesuai selera.iPad Wi-Fi berkapasitas 16 GB dijual seharga Rp 4,79 juta, kapasitas 32 GB Rp 5,79 juta, dan 64 GB Rp 6,79juta.

JAKARTA, KOMPAS.com – Ada kabar baik bagi Anda pecinta produk besutan Apple. Perangkat “tablet” terbaru Apple, iPad, akan mulai dipasarkan di Indonesia pada Maret atau April tahun ini seperti di negara lainnya. Begitulah yang disampaikan pihak reseller resmi Apple di Indonesia, EMAX dan iBox, di Jakarta, Jumat (29/1/2010).

Respon masyarakat terhadap produk baru Apple ini ternyata cukup baik. Menurut seorang staf penjualan iBox, Ary, produk tablet Apple yang tampilannya sekilas mirip iPhone tapi dengan ukuran besar ini sudah banyak dicari orang sejak hari pertama diluncurkannya di San Fransisco (27/1/2010).

“Sudah banyak yang tanya ke iBox. Dari hari launching pertamanya sudah ada yang tanya. Hari ini saja sudah lima orang yang tanya,” katanya saat ditemui di kantor iBox di Puri Imperium, Kuningan, Jakarta, Jumat.

Dikatakan pula oleh Ary, pihaknya, iBox berencana memasarkan kedua varian iPad yakni jenis yang hanya dilengkapi WiFi, dan yang dilengkapi WiFi sekaligus 3G GSM. Mengenai provider mana yang akan digandeng untuk varian WiFi plus 3G, Ary belum dapat berkomentar.

“Biasanya sih ada vendor, kalau iPhone kan Telkomsel, kalau yang ini belum tahu, barangnya kan belum ada,” ujarnya. Mengenai harga, Ary juga belum dapat berkomentar banyak. Namun dikatakanya, perkiraan harga di Indonesia akan menjadi 20 persen lebih mahal dari harga iPad yang diluncurkan di San Fransisco dengan kisaran harga 499-289 dollar AS.

Hal serupa dikatakan staf penjualan EMAX, Romi yang ditemui di kantor EMAX di Permata Hijau, Jakarta, Jumat. Pihaknya telah menerima kabar bahwa iPad akan mulai dijual di Indonesia pada Maret-April. “Kita sudah dapat brosur promosinya,” kata Romi.

3) ANALISIS PERUBAHAN YANG TERJADI DI MASYARAKAT

– SOSIAL

Kemajuan perkembangan teknologi, khususnya telekomunikasi, informasi dan multimedia pada akhirnya sangat berpengaruh dalam merubah tatanan organisasi dan hubungan sosial kemasyarakatan. Hal ini dikarenakan sifat fleksibilitas dan kemampuan telematika untuk masuk ke aspek-aspek kehidupan manusia.

Identifikasi Parker (1973) dalam Nasution (1989) memperhatikan beberapa dampak tenologi komunikasi, antara lain adalah:

  1. Terjadinya monopoli dalam pengelolaan, penyediaan, dan pemanfaatan informasi.
  2. Tidak meratanya distribusi informasi (information gabs).
  3. Kurangnya isi pesan yang bersifat edukatif.
  4. Terjadinya polusinya informasi (information overload).
  5. Terjadinya infasi terhadap privacy.
  6. Timbulnya permasalahan yang berkaitan dengan dengan hak cipta.
  7. Berikut tabel pembagian tipologi dampak:
Desirable Impact

Dampak ini lebih mengarahkan pada berfungsinya sebuah inovasi oleh individu atau sistem sosial.

Undesirable Impact

Dampak ini mengarahkan pada ketidak-berfungsiannya sebuah inovasi oleh masyarakat atau sistem sosial.

Direct Impact

Individu atau sistem sosial merespons dengan segera atau cepat terhadap inovasi.

Indirect Impact

Terjadi perubahan pada individu atau sistem sosial setelah terjadi direct impact.

Anticipate Impact

Perubahanang terjadi dapat diantisipasi karena inovasi telah diketahui/dikenal sebelumnya oleh anggota sistem sosial.

Unticipate Impact

Perubahan yang terjadi tidak dapat diantisipasi karena inovasi belum deketahui/dikenal sebelumnya oleh anggota sistem sosial.

  1. Sumber: Rogers (1986)
  2. Noegroho, Agoeng, 2010. Teknologi Komunikasi, Yogyakarta: GRAHA ILMU

 

Efek CMC

  • Perilaku Antisosial (Antisocial Behavior);
  • Kecemasan berlebih terhadap komputer (computer anxiety) , Hal ini biasa disebut sebagai cyberphobia atau computerphobia, yakni rasa takut, cemas, khawatir pada saat menggunakan komputer. Biasanya ditunjukkan dengan gejala-gejala mual, pusing, dan keringat dingin pada saat menggunakan komputer. Si pengguna biasanya merasa takut untuk menggunakan komputer atau alat-alat canggih lain karena takut salah menekan tombol, takut terjadi hal-hal yang tidak dinginkan jika salah mengoperasikan suatu alat, dsb.
  • Ketagihan (addicted);
  • Munculnya berbagai kasus pelanggaran hak cipta;
  • Munculnya Gen-C, yaitu generasi baru melek teknologi yang sangat peka akan konektivitas, konvergensi, konten kreatif, kolaborasi, dan kontekstual. Nasib bangsa ini ke depan bergantung kepada mereka ini.

– PERUBAHAN DARI SEGI BUDAYA

Hubungan perkembangan teknologi komunikasi dengan kebudayaan bisa dilihat dari 3 (tiga) sudut pandang:

  • Teknologi Komunikasi sebagai faktor yang determinan dalam masyarakat,ia bisa menciptakan perubahan sosial dan mengubah kehidupan masyarakat. Misalnya menjadi lebih egaliter.
  • Teknologi Komunikasi sebagai industrialisasi, ia diciptakan secara massal dalam jumlah yang banyak.
  • Teknologi Komunikasi sebagai alat yang baru, ia mendorong manusia untuk terus berinovasi menciptakan “kemudahan-kemudahan” dalam menjalin komunikasi.

Menurut Rogers, pesan yang dibawa teknologi komunikasi mendidik pemakainya untuk:

Melakukan demasifikasi:

-) Demassified atau demasifikasi adalah sebuah perubahan dari penggunaan secara massal (massification) teknologi komunikasi menjadi penggunaan secara individual.

-) Menyesuaikan diri

-) meningkatkan interaksi

Selain itu, juga terdapat konsekuensi kultural teknologi komunikasi yang menonjol, yaitu:

(1) Perubahan Sistem Nilai dan Norma;

(2) Penyerahan Sebagian Otoritas Diri pada Teknologi Komunikasi.

 

 

DETERMINISME TEKNOLOGIS

Inti dari teori McLuhan adalah determinisme teklologi. Maksudnya adalah penemuan atau perkembangan teknologi komunikasi itulah yang sebenarnya yang mengubah kebudayaan manusia. Jika Karl Marx berasumsi bahwa sejarah ditentukan oleh kekuatan produksi, maka menurut McLuhan eksistensi manusia ditentukan oleh perubahan mode komunikasi. (http://yearrypanji.wordpress.com/2008/06/03/determinisme-teknologi-marshall-mcluhan/)

Em Griffin (2003) mengatakan, “Nothing remains untouched by communication technology”. Benarkah?

McLuhan berpikir bahwa budaya kita dibentuk oleh bagaimana cara kita berkomunikasi. Paling tidak, ada beberapa tahapan yang layak disimak. Pertama, penemuan dalam teknologi komunikasi menyebabkan perubahan budaya. Kedua, perubahan di dalam jenis-jenis komunikasi akhirnya membentuk kehidupan manusia. Ketiga, sebagaimana yang dikatakan McLuhan bahwa “Kita membentuk peralatan untuk berkomunikasi, dan akhirnya peralatan untuk berkomunikasi yang kita gunakan itu akhirnya membentuk atau mempengaruhi kehidupan kita sendiri”.

Dilema yang kemudian muncul seiring dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi komunikasi adalah bahwa manusia semakin didominasi oleh teknologi komunikasi yang diciptakannya sendiri. Teknologi komunikasi bukannya dikontrol oleh manusia namun justru kebalikannya, kita yang dikontrol oleh mereka.

-) SEGI EKONOMI

“Sudah banyak yang tanya ke iBox. Dari hari launching pertamanya sudah ada yang tanya. Hari ini saja sudah lima orang yang tanya,” katanya saat ditemui di kantor iBox di Puri Imperium, Kuningan, Jakarta, Jumat.

Dikatakan pula oleh Ary, pihaknya, iBox berencana memasarkan kedua varian iPad yakni jenis yang hanya dilengkapi WiFi, dan yang dilengkapi WiFi sekaligus 3G GSM. Mengenai provider mana yang akan digandeng untuk varian WiFi plus 3G, Ary belum dapat berkomentar.

“Biasanya sih ada vendor, kalau iPhone kan Telkomsel, kalau yang ini belum tahu, barangnya kan belum ada,” ujarnya. Mengenai harga, Ary juga belum dapat berkomentar banyak. Namun dikatakanya, perkiraan harga di Indonesia akan menjadi 20 persen lebih mahal dari harga iPad yang diluncurkan di San Fransisco dengan kisaran harga 499-289 dollar AS.

Hal serupa dikatakan staf penjualan EMAX, Romi yang ditemui di kantor EMAX di Permata Hijau, Jakarta, Jumat. Pihaknya telah menerima kabar bahwa iPad akan mulai dijual di Indonesia pada Maret-April. “Kita sudah dapat brosur promosinya,” kata Romi.

Tablet Apple iPad serupa mirip dengan iPhone dengan layar LCD IPS 9,7 inci, tebal 0,5 inci dan berat 1,5 pound. Prosesornya buatan Apple A4 1 GHz. Daya baterinya mencapai 10 jam untuk penggunaan aktif dan sebulan untuk standby. Fungsinya tak kalah dengan netbook dalam bekerja, mengakses multimedia, dan berselancar di web. Di dalamnya terdapat i-Tunes dan aplikasi iBook untuk membaca e-book dan mengunduh e-book langsung dari internet. Tertarik?

4) Peran Pemerintah dalam proses Difusi Inovasi teknologi

Munculnya Teori Difusi Inovasi dimulai pada awal abad ke-20, tepatnya tahun 1903, ketika seorang sosiolog Perancis, Gabriel Tarde, memperkenalkan Kurva Difusi berbentuk S (S-shaped Diffusion Curve). Kurva ini pada dasarnya menggambarkan bagaimana suatu inovasi diadopsi seseorang atau sekolompok orang dilihat dari dimensi waktu. Pada kurva ini ada dua sumbu dimana sumbu yang satu menggambarkan tingkat adopsi dan sumbu yang lainnya menggambarkan dimensi waktu

Teori Difusi Inovasi pada dasarnya menjelaskan proses bagaimana suatu inovasi disampaikan (dikomunikasikan) melalui saluran-saluran tertentu sepanjang waktu kepada sekelompok anggota dari sistem sosial.

Sesuai dengan pemikiran Rogers, dalam proses difusi inovasi terdapat 4 (empat) elemen pokok, yaitu:

(1)      Inovasi; gagasan, tindakan, atau barang yang dianggap baru oleh seseorang. Dalam hal ini, kebaruan inovasi diukur secara subjektif menurut pandangan individu yang menerimanya. Jika suatu ide dianggap baru oleh seseorang maka ia adalah inovasi untuk orang itu. Konsep ’baru’ dalam ide yang inovatif tidak harus baru sama sekali.

Karakter dari suatu inovasi, yang dirasa oleh anggota sistem sosial, menentukan tingkat adopsinya. Lima sifat dari inovasi tersebut adalah: (1) relatifitas keuntungan, (2) kesesuaian,(3) kerumitan, (4) reliabilitas, dan (5) kebisaan diamati.

(2)      Saluran komunikasi; ’alat’ untuk menyampaikan pesan-pesan inovasi dari sumber kepada penerima. Dalam memilih saluran komunikasi, sumber paling tidakperlu memperhatikan (a) tujuan diadakannya komunikasi dan (b) karakteristik penerima. Jika komunikasi dimaksudkan untuk memperkenalkan suatu inovasi kepada khalayak yang banyak dan tersebar luas, maka saluran komunikasi yang lebih tepat, cepat dan efisien, adalah media massa. Tetapi jika komunikasi dimaksudkan untuk mengubah sikap atau perilaku penerima secara personal, maka saluran komunikasi yang paling tepat adalah saluran interpersonal.

 

(3)      Jangka waktu; proses keputusan inovasi, dari mulai seseorang mengetahui sampai memutuskan untuk menerima atau menolaknya, dan pengukuhan terhadap keputusan itu sangat berkaitan dengan dimensi waktu. Paling tidak dimensi waktu terlihat dalam (a) proses pengambilan keputusan inovasi, (b) keinovatifan seseorang: relatif lebih awal atau lebih lambat dalammenerima inovasi, dan (c) kecepatan pengadopsian inovasi dalam sistem sosial.

 

(4)      Sistem sosial; kumpulan unit yang berbeda secara fungsional dan terikat dalam kerjasama untuk memecahkan masalah dalam rangka mencapai tujuan bersama

 

Implementasi sendiri secara harfiah berarti penerapan. Dalam prakteknya penerapan teknologi komunikasi harus didahului oleh penguasaan  ketrampilan mengoperasikan teknologi komunikasi tersebut. Karena tanpa penguasaan ketrampilan teknis, teknologi komunikasi tidak mungkin diterapkan oleh seseorang. Hal ini mengisayaratkan tekk kom sebuah inovasi.

 

Lazimnya sebuah inovasi tidak begitu saja diadopsi/diterima oleh masyarakat. Skeptisisme merupakan penghalang proses adopsi inovasi bagi masyarakat

 

Teknologi komunikasi merupakan sistem teknologis dan untuk memakainya manusia perlu mengaturnya sesuai dengan nilai-nilai yang diisyaratkan olek teknologi komunikasi  itu sendiri. Nilai-nilai itu bisa berbenturan dengan nilai-nilai yang telah lama dikenal atau dianut dalam kelompok masyarakat. Hal inilah yang menyebabkan penerapan teknologi komunikasi sering melahirkan masalah dalam kehidupan sosial masyarakat.

 

KATEGORI ADAPTER

 

Anggota sistem sosial dapat dibagi ke dalam kelompok-kelompok adopter (penerima inovasi) sesuai dengan tingkat keinovatifannya (kecepatan dalam menerima inovasi). Salah satu pengelompokan yang bisa dijadikan rujukan adalah pengelompokan berdasarkan kurva adopsi, yang telah duji oleh Rogers (1961).   Gambaran tentang pengelompokan adopter dapat dilihat sebagai berikut:

 

Innovators: Sekitar 2,5% individu yang pertama kali mengadopsi inovasi. Cirinya: petualang, berani mengambil resiko, mobile, cerdas, kemampuan ekonomi tinggi. Hubungan  sosial mereka cenderung lebih erat dibanding kelompok sosial lainnya. Orang-orang seperti ini lebih dapat membentuk komunikasi yang baik meskipun

 

Early Adopters (Perintis/Pelopor): 13,5% yang menjadi para perintis dalam penerimaan inovasi. Cirinya: para teladan (pemuka pendapat), orang yang dihormati, akses di dalam tinggi. Kelompok ini lebih lokal dibanding kelompok innovator

Early Majority (Pengikut Dini): 34% yang menjadi para pengikut awal. Cirinya: penuh pertimbangan, interaksi internal tinggi. Kategori pengadopsi seperti ini merupakan mereka yang tidak mau menjadi kelompok pertama yang mengadopsi sebuah inovasi

Late Majority (Pengikut Akhir): 34% yang menjadi pengikut akhir dalam penerimaan inovasi. Cirinya: skeptis, menerima karena pertimbangan ekonomi atau tekanan social, terlalu hati-hati. Kelompok ini lebih berhati-hati mengenai fungsi sebuah inovasi.

Laggards (Kelompok Kolot/Tradisional): 16% terakhir adalah kaum kolot/tradisional. Cirinya: tradisional, terisolasi, wawasan terbatas, bukan opinion leaders, sumberdaya terbatas. Kelompok ini merupakan orang yang terakhir melakukan adopsi inovasi.

Selain hal-hal di atas peran pemerintah sendiri bisa sebagai REGULATOR,dalam hal ini pemerintah mengatur batasan-batasan pegadopsian teknologi komunikasi tersebut,namun peran tersebut masih belum terlihat,ini mungkin karena produk Ipad ini cenderung produk baru.



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s