Resume: PENGERTIAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI (Firdausia Zetira)

Posted: Desember 26, 2010 in Uncategorized

PENGERTIAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI

Kata teknologi berasal dari bahasa latin yang berakar dari kata Textere, yang artinya menyusun atau membangun.  Menurut Roger(1983), Teknologi ® “a design for instrumental action that reduces the uncertaintyin cause-effect relationships involve in achieving a desired outcome”. Teknologi merupakan sebuah seperangkat untuk membantu aktivitas kita dan dapat mengurangi ketidakpastian yang disebabkan oleh hubungan sebab akibat yang melingkupi dalam mencapai suatu tujuan.

Sedangkan komunikasi ® “the process of sending and receiving message between two person or among a small group of person, with some effect and some immediate feed back in present” atau proses penyampaian dan penerimaan pesan di antara dua orang atau lebih dalam jarak fisik dengan kelima indera dapat digunakan dan feed back langsung ada di dalamnya.

Bila digabungkan, Teknologi komunikasi ® Peralatan perangkat keras dalam sebuah struktur organisasi yang mengandung nilai-nialai sosial, yang memungkinkan setiap individu mengumpulkan, memproses dan saling tukar informasi dengan individu-individu lain (Rogers,1986)

 

KARAKTERISTIK TEKNOLOGI KOMUNIKASI

  • Teknologi Komunikasi adalah alat
  • Teknologi Komunikasi dilahirkan oleh sebuah struktur ekonomi, sosial dan politik
  • Teknologi Komunikasi membawa nilai-nilai dari struktur yang melahirkannya
  • Teknologi Komunikasi berfungsi meningkatkan kemampuan indra manusia.

Teknologi selalu memiliki dua aspek, yakni hardware (yang terdiri dari obyek material atau fisik) dan software (terdiri dari informasi untuk mengoperasikan hardware). Karena sifat hardware yang visible, terkadang mempengaruhi persepsi kita tentang teknologi komunikasi (selalu berpersepsi pada aspek hardware).

Teknologi komunikasi dapat membawa seorang individu melintasi batas ruang dan waktu serta mendapatkan informasi yang tidak didapat sebelumnya (McLuhan, 1965).

Manusia telah menjadikan teknologi media sebagai jendela dunia (a window to the world) dan dapat mengetahui kejadian-kejadian yang jauh jaraknya tanpa perlu hadir langsung di lokasi kejadian (Noegroho, 2010: 4).

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s